Jumat, 29 Juni 2018

Alat Ukur untuk Audit Energi


1.      TDS Meter
TDS adalah singkatan dari “Total Disolved Solids” atau dalam bahasa indonesianya adalah “jumlah padatan terlarut”. Jadi TDS meter memiliki pengertian “alat untuk mengukur jumlah padatan atau partikel terlarut didalam air “. Alat ini biasa digunakan untuk mengukur jumlah partikel terlarut pada air minum dan juga digunakan untuk mengukur kepekatan larutan nutrisi hidroponik atau dengan kata lain konsentrasi larutan nutrisi. Pengukuran nutrisi hidroponik adalah suatu hal yang mutlak dan sifatnya sangat penting. Sebab jika larutan tidak diukur, bisa jadi tanaman kekurangan nutrisi atau kelebihan yang akan menjadi racun yang dapat membunuh tanaman itu sendiri. Satuan yang digunakan pada TDS meter adalah ppm, sedangkan

Gambar. TDS Meter

PPM adalah singkatan dari “Part Per Million” atau sepersejuta bagian. ppm merupakan satuan pengukuran jumlah partikel terlarut yang diukur menggunakan TDS meter. Mengukur kepekatan nutrisi menjadi sangat penting dalam berhidroponik, sebab kita bisa mengetahui dengan pasti berapa kebutuhan nutrisi suatu tanaman. Seperti yang sudah saya katakan diatas, jika larutan nutrisi tidak diukur kita tidak akan tahu apakah larutan yang kita buat itu cukup dan sesuai dengan kebutuhan tanaman, apakah kurang atau bahkan melebihi. Perlu diketahui juga, bahwa kebutuhan nutrisi (dalam hal ini nilai ppm) setiap jenis tanaman itu berbeda-beda. Tanaman anggrek misalnya membutuhkan kepekatan larutan nutrisi yang rendah antara 300 – 400 ppm. Sayuran daun berbeda lagi, yaitu antara 900 – 1200 ppm, sedangkan untuk tanaman sayuran buah seperti cabai dan tomat membutuhkan kepekatan nutrisi yang lebih tinggi, yaitu antara 1500 – 2000 ppm.

2.      Infrared Thermometer
Infrared thermometer disebut juga Thermometer laser  adalah sebuah alat ukur suhu yang  dapat mengukur temperatur\ atau suhu tanpa bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya. Thermometer ini menawarkan metode pengukuran suhu yang cepat dan akurat dengan objek dari kejauhan dan tanpa disentuh – situasi ideal dimana objek bergerak cepat, jauh letaknya, sangat panas, berada di lingkungan yang bahaya, dan/atau adanya kebutuhan menghindari kontaminasi objek (seperti makanan, alat medis, obat-obatan, produk atau test, dll.).
Prinsip dasar termometer inframerah adalah bahwa semua obyek memancarkan energi infra merah. Semakin panas suatu benda, maka molekulnya semakin aktif dan semakin banyak energi infra merah yang dipancarkan.
Infrared Thermometer  ini cara penggunaannya hanya diarahkan ke media atau benda yang akan diukur suhunya, maka alat ini akan membaca suhu media tersebut. Alat ini biasanya dan sangat berguna dalam pengukuran dapur tinggi/furnace dalam industri peleburan atau suhu permukaan yang tidak memungkinkan untuk di sentuh, dan juga dalam pemakaian umum lainnya, seperti :
-          Mengukur suhu benda yang bergerak, contoh : Conveyor, Mesin, dll).
-          Mengukur suhu benda berbahaya, seperti : tegangan tinggi, jarak yang tinggi dan sulit dijangkau, dll
-          Suhu yang terlalu tinggi dan sulit untuk didekati ataupun disentuh, misalnya : Furnace, thermocouple, dll.
-          Mendeteksi awan untuk sistem operasi teleskop jarak jauh.
-          Memeriksa peralatan mekanika atau kotak sakering listrik atau saluran hotspot.
-          Memeriksa suhu pemanas atau oven, untuk tujuan kontrol dan kalibrasi.
-          Mendeteksi titik api/menunjukkan diagnosa pada produksi papan rangkaian listrik.
-          Memeriksa titik api bagi pemadam kebakaran.
-          Mendeteksi suhu tubuh makhluk hidup, seperti manusia, hewan, dll.


Gambar. Infrared Thermometer

3.      Thermography
Thermography atau thermal imaging adalah suatu teknik dimana energy inframerah yang tidak terlihat secara kasat mata, dipancarkan oleh obyek kemudian diubah menjadi gambar panas secara visual. Infrared Thermography dapat dianggap sebagai pemetaan panas tanpa sentuhan dan analisa pola panas pada permukaan objek.
Thermography juga dapat digunakan sebagai cara untuk menginspeksi peralatan listrik atau mekanis untuk menentukan ketidaknormalan fungsi dengan memperoleh pola panasnya. Metode Inspeksi ini didasarkan pada kenyataan sebagian besar komponen di dalam suatu system yang akan menunjukkan kenaikan atau penurunan temperatur jika terjadi malfungsi.
Peningkatan temperatur dalam rangkaian listrik mungkin disebabkan oleh koneksi kendor atau sekring yang mengalami beban lebih. Dengan Thermography kita dapat mengamati pola panas pada saat komponen sistem beroperasi, kerusakan atau gangguan dapat dilokalisir dan keparahannya dapat langsung dievaluasi. Kontak secara fisik terhadap sistem tidak lagi diperlukan, inspeksi dengan Thermography dapat dilakukan dalam kondisi beroperasi penuh tanpa menghasilkan kerugian operasi atau menghentikan operasi tersebut. 


Gambar. Thermography

4.      Lux Meter
Lux meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur besarnya intensitas cahaya di suatu tempat. Besarnya intensitas cahaya ini perlu untuk diketahui karena pada dasarnya manusia juga memerlukan penerangan yang cukup. Untuk mengetahui besarnya intensitas cahaya ini maka diperlukan sebuah sensor yang cukup peka dan linier terhadap cahaya. Semakin jauh jarak antara sumber cahaya ke sensor maka akan semakin kecil nilai yang ditunjukkan lux meter. Ini membuktikan bahwa semakin jauh jaraknya maka intensitas cahaya akan semakin berkurang. Alat ini didalam memperlihatkan hasil pengukurannya menggunakan format digital yang terdiri dari ra ngka, sebuah sensor. Sensor tersebut diletakan pada sumber cahaya yang akan diukur intenstasnya.
Lux meter digunakan untuk mengukur tingkat iluminasi. Hampir semua lux meter terdiri dari rangka, sebuah sensor dengan sel foto, dan layer panel. Sensor diletakkan pada sumber cahaya. Cahaya akan menyinari sel foto sebagai energi yang diteruskan oleh sel foto menjadi arus listrik. Makin banyak cahaya yang diserap oleh sel, arus yang dihasilkan lebih besar. Kunci untuk mengingat tentang cahaya adalah cahaya selalu membuat beberapa jenis perbedaan warna pada panjang gelombang yang berbeda. Oleh karena itu, pembacaan merupakan kombinasi efek dari semua panjang gelombang.
Standar warna dapat dijadikan referensi sebagai suhu warna dan dinyatakan dalam derajat Kelvin. Standar suhu warna untuk kalibrasi dari hampir semua jenis cahaya adalah 2856 derajat Kelvin, yang lebih kuning dari pada warna putih. Berbagai jenis dari cahaya lampu menyala pada suhu warna yang berbeda. Pembacaan lux meter akan berbeda, tergantung variasi sumber cahaya yang berbeda dari intensitas yang sama. Hal ini menjadikan, beberapa cahaya terlihat lebih tajam atau lebih lembut dari pada yang lain.

Prinsip Kerja
Luxmeter merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur kuat penerangan (tingkat penerangan) pada suatu area atau daerah tertentu. Alat ini didalam memperlihatkan hasil pengukurannya menggunakan format digital. Alat ini terdiri dari rangka, sebuah sensor dengan sel foto dan layar panel. Sensor tersebut diletakan pada sumber cahaya yang akan diukur intenstasnya. Cahaya akan menyinari sel foto sebagai energi yang diteruskan oleh sel foto menjadi arus listrik. Makin banyak cahaya yang diserap oleh sel, arus yang dihasilkan pun semakin besar.
Sensor yang digunakan pada alat ini adalah photo diode. Sensor ini termasuk kedalam jenis sensor cahaya atau optic. Sensor cahaya atau optic adalah sensor yang mendeteksi perubahan cahaya dari sumber cahaya, pantulan cahaya ataupun bias cahaya yang mengenai suatu daerah tertentu. Kemudian dari hasil dari pengukuran yang dilakukan akan ditampilkan pada layar panel.
Berbagai jenis cahaya yang masuk pada luxmeter baik itu cahaya alami atapun buatan akan mendapatkan respon yang berbeda dari sensor. Berbagai warna yang diukur akan menghasilkan suhu warna yang berbeda,dan panjang gelombang yang berbeda pula. Oleh karena itu pembacaan yang ditampilkan hasil yang ditampilkan oleh layar panel adalah kombinasi dari efek panjang gelombang yang ditangkap oleh sensor photo diode.
Pembacaan hasil pada Luxmeter dibaca pada layar panel LCD (liquid Crystal digital) yang format pembacaannya pun memakai format digital. Format digital sendiri didalam penampilannya menyerupai angka 8 yang terputus-putus. LCD pun mempunyai karakteristik yaitu Menggunakan molekul asimetrik dalam cairan organic transparan dan orientasi molekul diatur dengan medan listrik eksternal.


Gambar. Lux Meter

Fungsi bagian- bagian alat ukur :
  1. Layar panel : Menampilkan hasil pengukuran
  2. Tombol Off/On : Sebagai tombol untuk menyalakan atau mematikan alat
  3. Tombol Range : Tombol kisaran ukuran
  4. Zero Adjust VR : Sebagai pengkalibrasi alat (bila terjadi error)
  5. Sensor cahaya : Alat untuk mengkoreksi/mengukur cahaya.

Kegunaan Lux Meter
Dalam aplikasi penggunaannya dilapangan alat ini lebih sering digunakan pada bidang arsitektur, industri, dan lain-lain. Prisip kerja alat ini pun banyak digunakan pada alat yang biasa digunakan pada fotografi, sebagai contoh pada alat available light, reflected lightmeter, dan incident lightmeter. Selain itu didalam penelitian-penelitian mengenai tingkat keanekaragaman dan lain- lain yang senantiasa diperlukan data mengenai tingkat pencahayaan alat ini pun dapat digunakan.

5.      Hygrometer
Higrometer adalah alat untuk menentukan kelembaban atmosfer yang dapat menunjukkan kelembaban relatif (persentase kelembaban di udara), kelembaban mutlak (jumlah kelembaban) atau keduanya.
Jenis-jenis higrometer
  1. Hygrometer logam / kertas coil berguna untuk memberikan indikasi cepat dari perubahan kelembaban, tapi paling sering digunakan pada perangkat yang sangat murah dan akurasinya sangat terbatas. Higrometer ini bekerja dengan pencarian melalui unit identik yang banyak ditampilkan dan menunjukkan perbedaan dalam kelembaban ditunjukkan dari 10% atau lebih. 
  2. Higrometer Rambut Ketegangan. Perangkat ini menggunakan rambut manusia atau hewan di bawah ketegangan. Panjang perubahan rambut dengan kelembaban dan perubahan panjang dapat diperbesar dengan mekanisme dan / atau ditunjukkan pada dial atau skala.
  3. Higrometer Elektronik. Higrometer elektronik ini menggunakan Dewpoint yang merupakan temperatur di mana sampel udara lembab (atau uap air lainnya) berada pada tekanan konstan mencapai saturasi uap air. 
Cara Penggunaan higrometer
Higrometer terdapat dua skala, dimana yang satu menunjukkan kelembaban dan yang satunya lagi menunjukkan temperatur. Cara menggunakannya dengan meletakkan di tempat yang akan diukur kelembabannya, kemudian tunggu dan bacalah skalanya. skala kelembaban biasanya ditandai dengan huruf h dan kalau suhu dengan derajat celcius.
Pada higrometer lama yakni berbentuk bundar atau berupa termometer yang dipasang didinding. Cara membacanya juga sama, bisa dilihat pada raksanya di termometer satu yang untuk mengukur kelembaban dan satu lagi yang mengukur suhu. yang bundar ya dibaca skalanya.
Pada saat pengukuran dengan hygrometer selama pembacaan haruslah diberi aliran udara yang berhembus kearah alat tersebut, ini dapat dilakukan dengan Kipas alat tersebut dengan secarik kertas atau kipas. Sedangkan pada slink, alatnya harus diputar.


Gambar. Hygrometer

6.      Anemometer
Anemometer merupakan salah satu alat ukur kecepatan angin dan arah angin yang biasanya dipakai oleh balai cuaca, seperti Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Alat ini sendiri mempunyai dua jenis, antara lain jenis yang dipakai untuk mengukur kecepatan angin (velocity) dan jenis yang dipakai untuk mengukur tekanan angin. Dari keduanya, biasanya lebih sering digunakan adalah velocity anemometer.
Velocity anemometer sendiri ada lagi jenisnya, tapi yang lebih dikenal yaitu jenis thermal anemometer. Thermal anemometer yang juga disebut sebagai hot wire anemometer yang berfungsi untuk mengkonversi perubahan suhu yang terjadi menjadi kecepatan angin. Tapi sekarang ini anemometer modern sudah dirancang untuk dapat dipakai beberapa fungsi tersebut, sehingga anda hanya perlu memakai satu jenis anemomter yang sudah memiliki semua kinerja yang dibutuhkan.
Cara pemakaiannya sendiri dapat dilakukan dengan cara menempatkannya di tempat yang terbuka, karena supaya bisa mengukur angin dengan baik perlu tempat terbuka. Jangan ditempatkan di ruang tertutup yang tidak ada angin sama sekali, sehingga akan percuma menempatkan anemometer di tempat yang tertutup. Nah, saat angin mulai berhembus maka baling-baling yang sisinya berbentuk mangkuk pada anemometer akan bergerak sesuai arak datangnya angin.
Apabila kecepatan angin yang menghembus baling-baling mangkuk semakin kencang, maka anda akan melihat baling-baling mangkung didalamnya berputar semakin cepat. Dengan begitu, anda dapat mengetahui kecepatan angin dari jumlah putaran baling-baling mangkuk setiap detiknya. Dalam alat pengukur kecepatan angin ini sendiri sudah ada alat pencacah yang secara otomatis akan menghitung kecepatan angin, sehingga anda dapat langsung melihatnya.

FUNGSI DAN KEGUNAAN

Selain mempunyai fungsi untuk mengukur kecepatan angin, masih punya kegunaan lain yang tidak kalah penting. Beberapa kegunaan lain yang perlu anda ketahui, antara lain :
§  Mengukur kecepatan angin seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya
§  Memperkirakan cuaca. Dengan mendeteksi kecepatan angin dan tekanan angin, cuaca saat itu akan dapat diperkirakan.
§  Memperkirakan tingginya gelombang laut. Angin sangat berhungan dengan gelombang laut. Semakin tinggi kecepatan angin maka dapat diperkirakan bahwa gelombang laut sedang tinggi.
§  Memperkirakan kecepatan dan arah arus. Seperti penjelasan kegunaan sebelumnya, bahwa angin itu sangat berhubungan dengan keadaan laut. Jika anda mengetahui kondisi angin dengan anemometer, anda juga bisa memperkirakan kecepatan dan arah arus laut.


Gambar. Anemometer

CARA PEMAKAIAN

Cara pemakaiannya juga cukup mudah, anda bisa memperhatikan langkah-langkah berikut ini:
§  Tekanlah tombol ON atau OFF agar semua item dapat muncul pada layar
§  Jika tombol ON sudah ditekan maka akan muncul bebrapa mode yang diperlukan.
§  Apabila anda ingin melihat hasil ukurannya, tekan saja HOLD maka akan segera tampil pada layar
§  Jangan lupa catat hasil pengukuran agar tidak lupa

1 komentar:

  1. Titanium Dive Knife | Titsanium Darts
    Titanium Darts is an award winning knife that titanium astroneer has titanium ring been titanium jewelry piercing designed to provide users with a greater variety of products babyliss pro nano titanium curling iron to babyliss pro nano titanium curling iron get started.

    BalasHapus

APLIKASI PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI “INSTAGRAM”

1.              Pengertian Instagram Instagram adalah sebuah aplikasi untuk berbagi foto yang dapat dilihat oleh Followers dari pengun...